Friday, March 25, 2011

World Wide Web bagian 2

·

Menyambung posting saya kemarin tentang awal mula World Wide Web terbentuk dan sejarah World Wide Web, posting kali ini akan menjelaskan cara kerja WWW, Hypertext Transfer Protocol (HTTP), Uniform Resource Locator (URL), Protocol Transfer, Domain Name System (DNS), Homepage dan Browser. Pada awal perkembangnya, sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 Website saja. Diakhir tahun 1995 jumlah ini berkembang sekitar 280.000 Website. Dan diperkirakan sekarang ini jumlah pemakai Web telah mencapai ratusan juta pemakaia di seluruh dunia.

World Wide Web telah berkembang sangat pesat sejak kemunculannya di awal tahun 1990-an. Semua perhatian publik, baik dari media massa, bisnis, pemerintah, ataupun perseorangan, tertuju kepada World Wide Web.Sebagai seorang pemula di bidang web design seperti saya, pertanyaan yang mendasar "bagaimana sih cara kerja WWW itu bekerja?", pertanyaan ini mungkin terbesit juga bagi anda.


  1. Cara Kerja WWW
    Bekerja pada Web mencakup dua hal penting, yaitu software Web Browser dan software Web Server. Kedua software ini bekerja seperti sebuah sistem client-server. Web Browser yang bertindak sebagai client memungkinkan kita untuk menginterpretasikan dan melihat informasi pada Web, sedang Web Server yang bertindak sebagai server memungkinkan kita untuk menerima informasi yang diminta oleh browser. Jika suatu permintan akan suatu informasi datang, Web Server mencari file yang diminta tersebut dan kemudian mengirimkan ke browser yang memintanya.

    Tentu saja cara kerja Web tidak sesederhana ini, ada banyak hal yang perlu kita ketahui untuk mengenal cara kerja Web. Tetapi karena kebanyakan diantaranya bersifat teknis, maka berikut ini hanya akan dibahas beberapa diantaranya secara singkat.
    1. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
      HTTP adalah suatu protokol yang menentukan aturan yang perlu diikuti oleh Web browser dalam meminta atau mengambil suatu dokumen, dan oleh Web server dalam menyediakan dokumen yng diminta Web browser. Protokol ini merupakan protokol standar yang digunakan untuk mengakses dokumen HTML. Jika kita sedang menjelajahi web dan melihat tulisan seperti "http://www.google.com", ini merupakan salah satu penggunan protokol HTTP dalam Web. Dan dapat dipastikan bahwa kita akan berhubungan banyak dengan protokol ini jika sedang mengakses Web.

    2. Uniform Resource Locator (URL)
      URL adalah suatu sarana yang digunakan untuk menentukan lokasi informasi pada suatu Web server. URL dapat diibaratkan sebagai suatu alamat, di mana alamat tersebut terdiri atas :
      • Protokol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi.
      • Nama dari komputer dimana informasi tersebut berada, dan
      • Jalur/path serta nama filre dari suatu informasi.


      Format umum dari suatu URL adalah sebagai berikut :
      protokol_transfer://nama_host/path/nama_file

      Berikut ini adalah contoh dari URL :
      dimana :

      • http adalah protokol yang digunakan
      • mtv.com adalah nama dari server komputer dimana informasi yang dicari berada.
      • music adalah jalur/path dari informasi yang dicari.
      • index.html adalah nama file dimana informasi tersebut berada.


    3. Protokol Transfer
      Protokol transfer adalah suatu protokol yang digunakan untuk pengiriman informasi di Internet. HTTP adalah salah satu protokol transfer yang merupakan standar untuk suatu dokumen Web. Selain protokol HTTP, dalam Internet juga dikenal beberapa protokol lain, diantaranya adalah :

      • FTP (File Transfer Protocol), protokol ini dirancang untuk memungkinkan pemakai mentransfer file dalam format text atu binary dalam suatu server komputer di Internet.

      • Gopher, protokol ini dirancang untuk mengakses server gopher yang menyediakan informasi dengan menggunakan suatu sistem menu, atau melalui hubungan ke Telnet.

      • News (Network News Transfer Protocol, NNTP), adalah protokol yang digunakan untuk mendistribusikan berita di Usenet. Usenet adalah suatu sistem yang dirancang sebagai forum diskusi dengan berdasarkan pada topik-topik yang disebut newsgroup.

      • Telnet, protokol ini digunakan untuk login ke suatu server komputer.


      Dengan adanya protokol-protokol ini, browser kita juga dapat bertindak sebagai suatu client dari protokol tersebut. Jika kita sedang mengakses ke server FTP berarti browser kita bertindak sebagai client FTP, dan bertindak sebagai client News jika sedang mengakses suatu server Usenet. Berikut adalah beberapa contoh URL pada protokol yang berbeda-beda :

      • ftp://ftp.risc.ua.edu/pub/ Browser kita bertindak sebagai client FTP dan mengakses direktori pub pada server ftp.risc.ua.edu.
      • gopher://wiretrap.spies.com/ Browser kita bertindak sebagai client Gopher pada wiretrap.spies.com.
      • news:comp.infosystems.www.announce Browser kita bertindak sebagai client Usenet dan mengakses artikel-artikel pada newsgroup comp.inforsystems.www.announce.


    4. Domain Name System
      Komputer-komputer di Internet menggunakan suatu format penamaan standar untuk mempermudah pengelolaan server komputer di Internet yang berkembang dengan cepat. Sistem penamaan server komputer ini adalah Domain Name System (DNS). DNS membuat suatu tingkat-tingkat domain, yang merupakan kelompok komputer-komputer yang terhubung ke Internet.

    5. Homepage
      Setiap perusahaan atau pribadi yang memiliki informasi di World Wide Web memerlukan suatu alamat (URL) khusus yang disebut Website. Setiap informasi ini disimpan dalam suatu file yang berbeda-beda yang disebut Web page. Homepage merupakan halaman pertama dari suatu web site yang biasanya berisi tentang apa dan siapa dari perusahaan atau organissi pemilik website tersebut. Jadi pada dasarnya homepage adalah suatu sarana untuk memperkenalkan secara singkat tentang apa yang menjadi isi dari keseluruhan website dari suatu organissi atau pribadi.


  2. Browser

  3. Untuk mengakses Web, kita memerlukan suatu program yang disebut Web browser atau biasa disebut dengan browser saja. Browser merupakan suatu program yang dirancang untuk mengambil informasi-informasi dari suatu server komputer pada jaringan internet. Dunia browser lebih semarak lagi setelah Mozzila Firefox ikut terjun ke kancah World Wide Web mengikuti Internet Explorer dari Microsoft dan Netscape. Saya sendiri lebih menyarankan anda memakai Mozilla Firefox karena lebih cepat dan aman dari virus(hihi.. maaf sedikit promo).

    Demikian posting saya kali ini moga bermanfaat.

0 comments:

Google Website Translator

Follow