Thursday, March 24, 2011

World Wide Web bagian 1

·

Selama beberapa tahun, internet dikenal sebagai sesuatu yang sulit utuk dipelajari dan sukar untuk digunakan. Ini sangat berbeda sekali dengan pelayanan yang disediakan oleh Bulletin Board System (BBS), online service apalagi aplikasi-aplikasi program yang biasa digunakan di komputer pribadi (PC) yang sangat user friendly (mudah digunakan). Dengan kemunculan World Wide Web atau biasa disebut Web yang dipelopori oleh Tim Bernes-Lee dari CERN, semua pandangan ini menjadi berubah. World Wide Web menjadikan Internet suatusistem berbasiskn Graphical User Interface (GUI) yang tidak kalah menariknya dengan aplikasi-apliksi PC lainnya, dan bahkan kepopulerannya sekarang telah melampaui BBS dan online service.

World Wide Web sebetulnya merupakan suatu kumpulan informasi pada beberapa server komputer yang terhubung satu sama lain dalam jaringan Internet. Informasi-informasi dalam Web mempunyai link-link yang menghubungkan informasi tersebut ke informasi lain di dalam jaringan Internet. Link ini mempunyai suatu tanda khusus, yang biasanya dinyatakan dengan teks berwarna biru dan digarisbahawahi, atau dalam bentuk icon maupun gambar yang dikelilingi oleh suatu kotak.

Suatu tanda yang pasti dapat Anda gunakan untuk menentukan apakah suatu teks atau objek merupakan link atau bukan adalah dengan melihat perubahan pada penunjuk mouse. Jika penunjuk mouse berubah bentuk menjadi gambar tangan yang sedang menunjuk, berarti teks atau objek tersebut merupakan suatu link yang menghubungkan Anda ke informasi lainnya dalam World Wide Web.

Salah suatu penyebab utama pesatnya pertumbuhan World Wide Web adalah kemudahan dalam penggunaannya. Pada Web, Anda cukup mengklik tombol mouse pda suatu link untuk mendapatkan suatu informasi, dan link tersebut secara otomatis akan membawa Anda ke informasi yang anda inginkan. Sistem yang menghubungkan informasi-informasi melalui link ini disebut dengan nama hypertext. Dengan semakin berkembangnya World Wide Web, istilah hypertext ini kemudian berubah menjadi hypermedia, dimana link-link penghubung antar informasi bukan lagi hanya berupa suatu teks, tetai juga bisa berupa suatu file multimedia, seperti gambar, suara atau video.

  1. Perpustakaan Informasi dalam Web
    Tidak hanya perusahaan-perusahaan besar saja (seperti IBM, Microsoft) yang menyadari pentingnya penggunaan Web bagi kemajuan perusahaannya, tetapi juga perusahaan-perusahaan kecil yang berskala perusahaan keluarga juga tidak mau kalah dalam memanfaatkan Web untuk kepentingan bisnisnya. Hampir segala macam jenis usaha dapat Anda temui dalam Web. Bahkan anda tidak hanya dapat menemukan informasi tentang politik, hiburan, kesehatan, agama, pengetahuan, dan berbagai macam informasi lainnya.

  2. Sejarah World Wide Web
    Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN bukanlah suatu institut Swiss, tetapi merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Di bulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia untuk saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.

    Web browser pertama dibuat dengan berbasis pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua berubah setelah munculnya browser Mosaic dan NCSA (National Center for Supercomputing Applications).

    Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser Mosaic untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakaian baru Internet, karena Mosaic menyediakan suatu navigasi yang ideal untuk Internet. Kemudian NCSA mengembankan versi-versi Mosaic lainny untuk komputer berbasiskan UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.

    Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA dan kemudian bersma Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web Browser. Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World Wide Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web. Teknologi terakhir saat ini yang dikembangkan oleh konsorsium tersebut adalah HTML versi 4.01.

Demikian tulisan saya tentang awal mula World Wide Web berdiri, semoga bermanfaat bagi pembaca.

0 comments:

Google Website Translator

Follow