Tuesday, August 26, 2008

Pengertian Search Engine Optimization

·

Dalam dunia website/weblog sekarang ini, khususnya bagi para publisher dan blogger diperlukan pengetahuan tentang Search Engine Optimization, website/weblog yang telah sobat buat tugas selanjutnya adalah mendaftarkan website/weblog sobat ke mesin pencari Google atau yang lainnya. Sebelum mendaftarkan website/weblog yang telah dibuat; sekarang yang menjadi pertanyaan apa itu search engine optimization, cara kerja dan fungsi suatu search engine.


  1. Pengertian Search Engine
    Mesin pencari web atau yang lebih dikenal dengan istilah web search engine merupakan program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia maya. Berbeda halnya dengan direktori web (seperti dmoz.org) yang dikerjakan oleh manusia untuk mengelompokkan suatu halaman informasi berdasarkan kriteria yang ada, web search engine mengumpulkan informasi yang tersedia secara otomatis.

  2. Cara Kerja Search Engine
    Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan hampir semua informasi halaman web, yang diambil langsung dari www. Halaman-halaman ini diambil secara otomatis. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data
    tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.

    Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teksnya.

    Mesin pencari lain yang menggunakan proses real-time, seperti Orase, tidak menggunakan indeks dalam cara kerjanya. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal seperti informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada broken link, dan lebih sedikit sumberdaya sistem yang diperlukan (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase hanya satu.). Tetapi, ada juga kelemahannya yaitu pencarian lebih lama rampungnya.

  3. Komponen utama dalam Search Engine
    Sebuah search engine memiliki beberapa komponen agar dapat menyediakan layanan utamanya sebagai sebuah mesin pencari informasi. Komponen tersebut antara lain :

    1. Web Crawler
      Web crawler atau yang dikenal juga dengan istilah web spider bertugas untuk mengumpulkan semua informasi yang ada di dalam halaman web. Web crawler bekerja secara otomatis dengan cara memberikan sejumlah alamat website untuk dikunjungi serta menyimpan semua informasi yang terkandung didalamnya. Setiap kali web crawler mengunjungi sebuah website, maka dia akan mendata semua link yang ada dihalaman yang dikunjunginya itu untuk kemudian di kunjungi lagi satu persatu.

      Proses web crawler dalam mengunjungi setiap dokumen web disebut dengan web crawling atau spidering. Beberapa websites, khususnya yang berhubungan dengan pencarian menggunakan proses spidering untuk memperbaharui data data mereka. Web crawler biasa digunakan untuk membuat salinan secara sebhagian atau keseluruhan halaman web yang telah dikunjunginya agar dapat dip roses lebih lanjut oleh system pengindexan. Crawler dapat juga digunakan untuk proses pemeliharaan sebuah website, seperti memvalidasi kode html sebuah web, dan crawler juga digunakan untuk memperoleh data yang khusus seperti mengumpulkan alamat e-mail.

      Web crawler termasuk kedalam bagian software agent atau yang lebih dikenal dengan istilah program bot. Secara umum crawler memulai prosesnya dengan memberikan daftar sejumlah alamat website untuk dikunjungi, disebut sebagai seeds. Setiap kali sebuah halaman web dikunjungi, crawler akan mencari alamat yang lain yang terdapat didalamnya dan menambahkan kedalam daftar seeds sebelumnya.

      Dalam melakukan prosesnya, web crawler juga mempunyai beberapa persoalan yang harus mampu di atasinya. Permasalahan tersebut mencakup :

      • Halaman mana yang harus dikunjungi terlebih dahulu.
      • Aturan dalam proses mengunjungi kembali sebuah halaman.
      • Performansi, mencakup banyaknya halaman yang harus dikunjungi.
      • Aturan dalam setiap kunjungan agar server yang dikunjungi tidak kelebihan beban.
      • Kegagalan, mencakup tidak tersedianya halaman yang dikunjungi, server down, timeout, maupun jebakan yang sengaja dibuat oleh webmaster.
      • Seberapa jauh kedalaman sebuah website yang akan dikunjungi.
      • Hal yang tak kalah pentingnya adalah kemampuan web crawler untuk mengikuti
        perkembangan teknologi web, dimana setiap kali teknologi baru muncul, web crawler harus dapat menyesuaikan diri agar dapat mengunjungi halaman web yang menggunakan teknologi baru tersebut.

        Proses sebuah web crawler untuk mendata link – link yang terdapat didalam sebuah halaman web menggunakan pendekatan regular expression. Crawler akan menelurusi setiap karakter yang ada untuk menemukan hyperlink tag html (<a>). Setiap hyperlink tag yang ditemukan diperiksa lebih lanjut apakah tag tersebut mengandung atribut nofollow rel, jika tidak ada maka diambil nilai yang terdapat didalam attribute href yang merupakan sebuah link baru.

    2. Indexing system
      Indexing system bertugas untuk menganalisa halaman web yang telah tersimpan sebelumnya dengan cara mengindeks setiap kemungkinan term yang terdapat di dalamnnya. Data term yang ditemukan disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya.

      Indexing system mengumpulkan, memilah dan menyimpan data untuk memberikan kemudahan dalam pengaksesan informasi secara tepat dan akurat. Proses pengolahan halaman web agar dapat digunakan untuk proses pencarian berikutnya dinakamakan web indexing. Dalam implementasinya index system dirancang dari penggabungan beberapa cabang ilmu antara lain ilmu bahasa, psikologi, matematika, informatika, fisika, dan ilmu komputer.

      Tujuan dari penyimpanan data berupa indeks adalah untuk performansi dan kecepatan dalam menemukan informasi yang relevan berdasarkan inputan user. Tanpa adanya indeks, search engine harus melakukan scan terhadap setiap dokumen yang ada didalam database. Hal ini tentu saja akan membutuhkan proses sumber daya yang sangat besar dalam proses komputasi. Sebagai contoh, indeks dari 10.000 dokumen dapat diproses dalam waktu beberapa detik saja, sedangkan penulusuran secara berurutan setiap kata yang terdapat di dalam 10.000 dokumen akan membutuhkan waktu yang berjam lamanya. Tempat tambahan mungkin akan dibutuhkan di dalam computer untuk penyimpanan indeks, tapi hal ini akan terbayar dengan penghematan waktu pada saat pemrosesan pencarian dokumen yang dibutuhkan.

    3. Search system
      Search system inilah yang berhubungan langsung dengan pengguna, meyediakan hasil pencarian informasi yang diinginkan. Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan kata pencarian biasanya dengan beberapa kata kunci, search system akan mencari data dari indeks database, data yang cocok kemudian akan ditampilkan, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teksnya.


29 comments:

Juliawan said...
June 30, 2009 at 12:25 AM  

hooho good information brother hehehe and nice to meet u :)

rifki marliando said...
June 12, 2010 at 7:45 PM  

mas, q copy materinya y,,,buat tugas blog!!!!
thaks'ss

Anonymous said...
October 12, 2010 at 3:50 AM  

mantep bro tengkyu articel nya

www.sagala-raja.com

Kardian said...
December 12, 2010 at 3:56 PM  

Oke boz..sip tas Artikelnya..smoga krg di uts kluar..and ane dah Copy artikelnya k blog ane...and aku ksih sumber blog sobat..kita serign pengetahuan ya..lo' bisa link back ke http://www.kardiangratis.blogspot.com

exsa said...
March 11, 2011 at 2:38 PM  

artikel yang bagus mas ....

Unknown said...
March 14, 2011 at 3:54 AM  

Hello,
This is a really good post. Must admit that you are amongst the best bloggers I have read. Thanks for posting this informative article.
SEO Outsource India

Anonymous said...
March 22, 2011 at 6:13 AM  

refrensinya dari mana mas?

college board said...
April 24, 2011 at 10:54 AM  

Having read this material, I have learned for myself a lot of the new. Thanks

custom writing papers said...
May 1, 2011 at 2:47 AM  

Ada banyak sampah di web, itu membuat saya senang melihat situs Anda. Saya harus mengakui Anda telah mengilhami saya dengan artikel ini.

order essay online said...
August 31, 2011 at 12:14 AM  

There are a lot of junk on the web, it makes me happy to see your site. I must admit you have inspired me with this article.

good research papers said...
November 11, 2011 at 9:28 AM  

SEO best tool, but SMO became more popular!

yusuf said...
December 13, 2011 at 12:12 AM  

wah informasinya bagus sekali. Coba kalau ada langsung program impelementasi. Kasian bagi kita yang masih kurang faham dan kurang memahami PHP atau pemerograman lainnya

trimuda said...
June 19, 2012 at 11:42 AM  

mantap infonya

Elitewritings said...
July 3, 2017 at 1:01 AM  

Great post! Thank you for providing this valuable information!
EliteWritings

Ayudh Digital said...
June 24, 2018 at 5:53 AM  

Ayudh digital India,s TOP website development Company Providing all type of Digital marketing Services like as SMO, PPC, SEO,

Masterkiu said...
August 6, 2018 at 7:15 PM  

This is very interesting information and also very useful for us BandarQ Online Terpercaya. From here I can find out what I do not know yet. And I strongly support you to be developed again. Keep improving and always be the one who shares the most information. thank you

Agen Domino 99
Domino QQ Online


http://pokervgame.com/

Unknown said...
February 27, 2019 at 8:45 AM  

Estetik plastik cerrahi konusunda İzmir ve Türkiye’de adından övgüyle bahsettiren Op. Dr. ebru durmuş, İstanbul’da 'Altın Rehber TV Yılın En’leri'nde ‘Yılın En İyi Plastik Cerrahı’ ödülüne layık görüldü. Altın Rehber TV, Türkiye’nin önde gelen firma ve iş adamlarının yanı sıra siyaset, magazin, sanat dünyasından birçok seçkin kişinin katıldığı 'Altın Rehber TV Yılın En’leri' ödüllerinde İzmirli Plastik Cerrah ebru durmuş anlamlı bir ödül verdi. 'Yılın En’lerinde ‘Yılın En İyi Plastik Cerrahı’ ödülüne layık görülen Op. Dr. ebru durmuş ödülünü, İstanbul’da düzenlenen törenle aldı. ESTETIK plastik cerrahi konusunda adından övgüyle bahsettiren Op. Dr. ebru durmuş, İstanbul'da 'Altın Rehber TV Yılın En'leri'nde 'Yılın En İyi Plastik Cerrahı' ödülüne layık görüldü. Ödülünü İstanbul'da düzenlenen gece alan Op. Dr. ebru durmuş, "Bu yıl 6.'sı düzenlenen organizasyonda kürsüye çıkmaktan onur ve gurur duydum. ebru durmuş Bu benim değil, ekibimin başarısıdır. Gücümüzü, bizim her zaman yanımızda olan çalışma arkadaşlarımız, hastalarımız ve ailelerimizden alıyoruz" dedi. Bizim için gurur verici bir şey. Tüm ekibim adına ödülü aldım, çünkü bu ekibimizin başarısıdır. Tek başına yapılacak bir başarı değil. Yaptığımız iş çok zor. Baştan sona, ebru durmuş hemşirelerimizden klinik müdürümüze, estetisyenlerimize kadar bu önemli bir iş ve yapılan tek hata işinizi kötü anlamda lanse edebiliyor. O yüzden ebru durmuş hepimiz zincir şeklinde birbirimize kenetlendik, çok güzel profesyonel bir ekiple işlerimizi yürüttük ve yürütmeye devam edeceğiz. Gücümüzü, bizim her zaman yanımızda olan çalışma arkadaşlarımız, hastalarımız ve ailelerimizden alıyoruz. Bizi bu güzel ödüle layık görenlere de teşekkür ediyoruz" diye konuştu.

Unknown said...
May 5, 2019 at 12:02 AM  

yüksek bonuslar veren 1xbet sitesinde kayıp bonuslar sayesinde kuponlarınız yatsa bile yeni kuponlar oluşturmak için bakiye yüklemesi yaptırabilirsiniz. Global çapta isim yapmış olan 1xbet giriş yaparak bu fırsatı değerlendirin.

YODNAM said...
June 18, 2019 at 3:15 AM  

is open huay
to bet on all numbers without closing numbers Regardless of the number or number
Members can bet on all numbers. Only the number and the full number There may be a price adjustment
to pay down only that number. If there is a number or a full number, the team will take a running
message to inform all members to know the full number.For you, please check the price of the numbers
before submitting each time. As for members, before entering, there will be a price adjustment. Will get the full price paid as usual.
(Full numbers may be available from 12:00 hrs to 15:30 hrs. Or may not be available)

truth992 said...
July 27, 2019 at 8:35 PM  

huay
24-hour online lottery
Get online huaypro
, buy lottery tickets, get a new lottery, work with automated systems,
deposit, withdrawal, fast, safe, financial, stable. Suitable for customers who want 100% comfort
To select almost all online lottery, government huay, stock lottery, foreign lottery,
Malaysian lottery and Yi Kee hauy 24 hours Every 15 minutes processing with a professional team

Samsun Haber said...
November 28, 2020 at 5:02 AM  

Samsun Haberleri için https://www.samsungazetesi.com/
Samsun Haber

Trabzon Haber said...
November 28, 2020 at 5:04 AM  

Trabzon Haber ve Trabzonspor içeriklerine https://www.haber61.net/ adresinden ulaşabilirsiniz.

Trabzon Haber

Tv Hosting said...
January 24, 2021 at 10:20 AM  

Tv hosting paketleri

İsviçre Haber said...
January 31, 2021 at 3:57 AM  

İsviçre son dakika ve güncel haberlerinin yer aldığı vizyontv.eu isviçre haberlerini sunmaktadır.

Samsun Haber said...
February 10, 2021 at 3:26 AM  

Samsun son dakika ve güncel haberlerinin yer aldığı samsungazetesi.com samsun haberlerini sunmaktadır.

İsviçre Haber said...
September 1, 2021 at 2:36 AM  

İsviçre gündeminin en sıcak başlıkları, İsviçre’den son dakika haberleri burada. İsviçre Haberlerini, en güncel ve en hızlı şekilde sitemizde bulabilirsiniz.

Samsun Haber said...
September 1, 2021 at 2:36 AM  

Samsun haber, Samsun Haberleri, Son dakika Samsun haberleri ve güncel gelişmeleri.

ip kamera canlı yayın said...
September 1, 2021 at 2:37 AM  

İp kamera canlı yayın hizmeti için en yüksek ve gelişmiş alt yapıyı sunuyoruz. Hiç bir yede bulamayacağınız kontrol paneli üzerinden yönetilen özelliklerle en iyi kalite ve kesintisiz bir yayın için ip kamera canlı yayın hizmetinden faydalanabilirsiniz.

Tohum Ekme Makinesi said...
March 17, 2022 at 4:06 PM  


Tohum Atma Makinesi

ZTM-125 Viyole Tohum Ekme Makinesi,
Viyole Torf Doldurma Ünitesi,
Vermikulit Sulama Ünitesi,
Karıştırıcı Mikser,
Saksı Dolum Makinesi,
ZTM-60 Tohum Atma Makinesi,
Sarımsak Ekme Makinesi,
ZTM - Ispanak - Isırgan - Dere Otu Hasat Makinesi,
ZTM Manuel Tohum Atma Ünitesi,

Tohum Atma Makinesi

Google Website Translator

Follow