Tuesday, August 26, 2008

Dasar Search Engine Optimization - Membuat Keyword

·

Pada kesempatan ini saya akan mencoba membahas tentang dasar-dasar search engine optimization khususnya dalam hal membuat Keyword. "Keyword" kalau diartikan dalam bahasa Indonesia adalah "kata kunci" yang merupakan bagian terpenting dalam suatu website/weblog. Bagian ini kadang bagi seorang blogger pemula tidak mengetahuinya.

Jika sobat adalah blogger pemula, maka keyword ini wajib sobat pasang pada weblog/website yang sobat miliki. Ambil contoh jika seorang netter mencari sesuatu di search engine dan ia mengetikkan kata kunci, maka disinilah tugas search engine mencari website/weblog yang memiliki kata kunci tersebut untuk ditampilkan.

Jadi jelas sekali sobat keyword adalah suatu aspek yang sangat penting dalam suatu website/weblog, karena hal ini bagian dari Search Engine Optimization. Jika website/weblog sobat memasang keyword yang salah, search engine dan visitor sobat tidak akan menemukan website sobat.

Langkah-langkah perencanaan keyword dapat dijelaskan sebagai berikut :


  1. MENCIPTAKAN DAFTAR KEYWORD
    Langkah pertama dalam proses adalah membuat daftar potensial keyword. Perlu sobat pikirkan semua kata-kata yang diketikkan netter dalam kotak Search Engine Google atau search engine lainnya untuk menemukan website/weblog sobat. Contoh : "belajar blog" atau "blog tutorial".

  2. GUNAKAN TOOL RISET KEYWORD
    Dalam hal ini kita ambil contoh, kita hendak memasang keyword "belajar blog", sebelumnya kita tidak tahu berapa nilai persaingan dari keyword "blog tutorial" tersebut. Untuk diketahui 'Semakin tinggi nilai persaingan maka semakin banyak visitor mencari keyword tersebut'.

    Perbandingan dan Nilai Persaingan
    blog tutorial 50
    belajar blog 20

    Terlihat 'blog tutorial' lebih tinggi artinya netter lebih suka dengan kata kunci tersebut. Untuk diketahui keyword yang memiliki persaingan tinggi berarti memiliki persaingan antar website/weblog tinggi pula, Search Engine lebih memilih pagerank website/weblog tinggi pula.

    Dalam mencari perbandingan nilai keyword sobat dapat menggunakan beberapa tool yang tersedia di internet, ada yang gratis dan ada yang mesti bayar, diantaranya :

    1. Overture Keyword Selektor Tool (Gratis):
      http://inventory.overture.com/d/searchinventory/suggestion/
      Overture selain menunjukkan persaingan keyword, juga menampilkan kombinasi frase-frase keyword terkait hal ini cocok untuk mencari "Niceh Market" (persaingan rendah).

    2. Wordtracker, tool bagus, tapi untuk versi gratisnya dia hanya menampilkan Search Result MSN.

    3. Google AdWords Keyword Tool
      Bagi yang ingin memasang Adwords sobat bisa mengetahui harga keyword disini.

  3. PASTIKAN DAFTAR KEYWORD SEKALI LAGI
    Dibagian ini sobat tahu sendiri apa yang harusnya dilakukan, apakah memilih keyword yang mempunyai persaingan tinggi atau persaingan rendah (Niche Market). Disini terserah sobat pilih menggunakan keyword yang mana

    1. Jika sobat menggunakan keyword yang mempunyai persaingan tinggi, maka untuk mengimbanginya website sobat harus ber-pagerank tinggi pula.
    2. Jika sobat menggunakan keyword yang mempunyai persaingan rendah (Niceh Market), maka website sobat dapat dengan mudah meraih Rangkin #1 di Google.


  4. RENCANAKAN LANGKAH YANG HARUS DILAKUKAN
    Siapkan langkah sobat dan pasang keyword-keyword tersebut pada Edit HTML :
    #Title Tag <title>
    #Meta Description Tags <meta decscription=>
    #Meta Keywords Tag <meta keyword=>
    #Headings <h1> <h2>
    #Alt text <alt>
    #Anchor Text/Navigational Links <a href=> <keyword/a>

  5. SUBMIT KE SEARCH ENGINE
    Jika website/weblog Sobat sudah selesai submit/daftarkan ke Google di : www.google.com/addurl dan Yahoo

Demikian sobat sekilas dasar Search Engine Optimization dari saya, semoga dapat membantu sobat. Oh ya artikel saya ini boleh disebarluaskan tidak untuk tujuan komersil.

Catatan :
Bagi sobat yang ingin mengetahui lebih banyak tentang blogging dan google bisa sobat kunjungi di :
www.blogging-tutorial.co.cc
www.all-about-google.co.cc

2 comments:

writing a college essay said...
June 1, 2011 at 5:38 AM  

The huge volume of relevant information
You helped me a lot of work. The only thing - I would like more information about PHP

custom writing help said...
September 26, 2011 at 12:21 PM  

Nothing of the sort written so affordable and easy to understand language, I have never read

Google Website Translator

Follow