Wednesday, March 30, 2011

Belajar Web

·

Belajar web bagi seorang publisher web, hendaknya perlu dikuasai dasar-dasar tentang Hyper Text Markup Language (HTML), sejarah World Wide Web dan cara kerja World Wide Web; klik disini untuk mengetahui tentang hal tersebut. HTML (HyperText Markup Language) adalah suatu format data yang digunakan untuk membuat dokumen hypertext yang dapat dibaca dari satu platform komputer ke platform komputer lainnya tanpa perlu melakukan suatu perubahan. Dokumen HTML sebetulnya adalah suatu dokumen teks biasa, sehingga di platform apapun dokumen tersebut dapat dibaca.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah dokumen HTML adalah sebagai berikut :

  • Program Editor HTML
    Dalam membuat dokumen HTML, kita perlu mengetahui dan mempelajari tag-tag yang digunakan untuk menandai bagian-bagian dari sutau dokumen HTML. Beberapa program editor HTML dapat kita peroleh di Internet dengan cara mendownloadnya.
    1. WebEdit produk Nesbitt Software, jenis editor Teks
    2. Hotdog produk Sausage, jenis editor Teks
    3. HotMetalPro produk Softquad, jenis editor WYSIWYG
    4. FrontPage produk Microsoft, jenis editor WYSIWYG.
    5. Notepad produk Microsoft.


  • Struktur HTML
    HTML mempunyai tiga buah tag utama yang membentuk struktur dari dokumen tersebut. Ketiga buah tag tersebut adalah tag HTML, HEAD, dan BODY. Tag HTML berfungsi untuk menyatatakan suatu dokumen , tag HEAD berfungsi untuk memberikan informasi tentang dokumen HTML, dan tag BODY berfungsi untuk menyimpan informasi atau data yang akan ditampilkan. Struktur dokumen HTML terlihat seperti berikut ini :
    <HTML>
    <HEAD>
    *** Bagian HEAD ***
    </HEAD>
    <BODY>
    *** Bagian BODY ***
    </BODY>
    </HTML>


    Elemen
    Dalam dokumen HTML, elemen dibagi menjadi 2 kategori utama, yaitu elemen <HEAD> yang memberikan informasi tentang dokumen tersebut, seperti judul dokumen atau hubungannya dengan dokumen lain; serta elemen <BODY> yang menentukan bagaimana isi suatu dokumen ditampilkan oleh browser, seperti paragrap, daftar, tabel dan lain-lain.

    Tag
    Tag ini dinyatakan dengan tanda lebih kecil (<) dan tanda lebih besar (>). Tag biasanya merupakan suatu pasangan yang disebut tag awal dan tag akhir. Tag awal dinyatakan dalam bentuk <nama tag>, sedangkan tag akhir dinyatakan dalam bentuk </nama tag>. Perhatikan perbedaan antara tag awal dan akhir. Contoh :

    <I>Teks ini akan terlihat miring di browser</I>

    Jika dalam browser akan menampilkan tulisan :

    Teks ini akan terlihat miring di browser

    Harap diingat :
    HTML tidak membedakan penggunaan huruf besar ataupun huruf kecil dari suatu elemen.


Demikian posting kali ini, nanti kita sambung lagi moga bermanfaat.

0 comments:

Google Website Translator

Follow