Tuesday, April 19, 2011

Mengenali Jumlah Persaingan Keyword dalam Search Engine

·

Belajar SEO kali ini saya akan mencoba menulis tentang cara mengenali jumlah persaingan keyword dalam Search Engine Google. Dengan mengetahui berapa besar persaingan suatu keyword dalam Search Engine maka kita akan mendapatkan suatu ide atau nilai suatu keyword dalam webblog kita.Apa itu jumlah kompetitor? jumlah kompetitor adalah banyaknya kompetitor atau persaingan untuk suatu keyword atau kata kunci pada mesin pencarian aka search engine. Darimana kita akan mengetahui jumlah persaingan tersebut? untuk mengetahui ini sangat mudah karena setiap kali kita melakukan pencarian di mesin pencari google, google akan secara otomatis memberikan jumlah persaingan untuk kata kunci tersebut.


Sekarang silahkan coba untuk melakukan pencarian dengan kata kunci “pengertian search engine”, berikut contoh gambaran hasilnya :












Pada gambar yang diberi lingkaran merah tertulis Sekitar 5,120,000 hasil (0.08 detik), ini artinya jumlah kompetisi atau persaingan untuk kata kunci “pengertian search engine” sebanyak 5,120,000. Atau dengan kata lain, ada sebanyak 5,120,000 website atau blog yang menulis dengan kata kunci tersebut yang terekam oleh google. Sangat mudah bukan untuk mengetahui jumlah persaingan?

Apa itu jumlah pencarian? jumlah pencarian adalah banyaknya orang yang mencari suatu kata kunci di search engine, umumnya jumlah pencarian di tulis dalam skala bulanan. Dimana kita mengetahui rata-rata jumlah pencarian? untuk hal ini perlu bantuan tool. Dalam hal ini seperti yang ditulis pada postingan tentang niche kemarin, kita akan menggunakan Google AdWords Keyword Tool.

Sekarang silahkan coba kunjungi halaman Google AdWords Keyword Tool lalu tuliskan kata kunci pengertian search engine, dan berikut contoh hasilnya :







Terlihat bahwa kata kunci “pengertian search engine” jumlah pencarian perbulannya adalah 1.900 untuk pencarian global (diseluruh dunia) dan 1.900 untuk pencarian lokal (dalam contoh ini adalah google.co.id). Jadi, jika blog anda mengandalkan kata kunci “pengertian search engine” dengan target pengunjung Indonesia, maka kesempatan untuk mendapatkan kunjungan adalah sekitar 1.900 perbulannya, itupun jika blog anda berada pada posisi paling atas di search engine, dan pengunjung tertarik semua untuk mengunjungi blog anda (tapi ini jarang terjadi). Namun, jumlah pencarian itupun akan terus berubah dari waktu ke waktu.

Jadi, angka 1.900 hanyalah sugesti saja dan bukan angka pasti, namun ini bisa dijadikan sedikit gambaran untuk kita dalam menentukan kata kunci yang di kejar.

Dalam perencanaan keyword utama dalam blog, kita harus memperhitungkan antara jumlah kompetisi dengan jumlah pencarian. Yang harus anda ingat adalah Jumlah pencarian harus mencari yang jumlahnya besar, sedangkan jumlah kompetisi harus kecil. Artinya jumlah kompetisi dengan jumlah pencarian harus berbanding terbalik.

Semakin banyak jumlah persaingan, maka blog kita akan sulit untuk jadi pemenang di search engine. Namun, walaupun kita menjadi rangking 1 di google, akan menjadi sia-sia saja apabila tidak ada orang yang mencari.

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

1 comments:

cengfarid said...
July 20, 2011 at 6:10 PM  

Tips nya sangat membantu, tapi kalo boleh nanya, gimana caranya kita masukin keyword yang kita dapat dari google adword di blog kita, supaya bisa cepet di index google ?

terima kasih

Google Website Translator

Follow